Wikipedia

Hasil penelusuran

Senin, 23 Januari 2017

Mengenal Api Melalui MOPDB

Kabupaten Bantul merupakan daerah dengan risiko ancaman bencana yang tinggi. Kondisi inilah yang mendasari dimasukkannya materi penanggulangan bencana dalam Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) di SMP Negeri 1 Pundong, Bantul. Sebanyak 230 siswa baru mengikuti kegiatan ini, Rabu (29/7/2015).

Adapun materi yang disosialisasikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul, berkaitan dengan kebencanaan secara umum, serta materi tentang mengenal api. Dengan mengenal api, diharapkan nantinya siswa dapat terhindar dari bahaya yang dapat ditimbulkan dari kebakaran. Karena, sebagian besar kebakaran terjadi, akibat kecerobohan atau ulah manusia.

Menurut pihak sekolah, kegiatan orientasi dengan memasukkan materi Penanggulangan Bencana, sudah dilakukan sejak beberapa tahun yang lalu, sekolah menyadari bahwa Bantul dan Pundong pada khususnya memiliki kerawanan terhadap bencana, dengan adanya materi ini, harapannya siswa dapat memahami dan dapat mengantisipasi jika terjadi kegawatdaruratan.

Kecamatan Pundong merupakan salah satu kecamatan yang terdampak cukup parah saat Gempa Bumi 27 Mei 2006 yang terjadi 9 (sembilan) tahun yang lalu. Dengan pengalaman tersebut menjadikan SMP Negeri 1 Pundong memperkuat konstruksi bangunan sekolah untuk tahan terhadap guncangan gempa, yang mungkin dapat terjadi.

0 komentar:

Posting Komentar

INFORMASI PENILAIAN TENGAH SEMESTER 1 (PTS) ONLINE SMP N 1 PUNDONG

 Pemberitahuan Penilaian Tengah Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 Jadwal Pelaksanaan Penilaian Tengah Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/202...